Tips Memasang Kolam Bundar

kolam lele
Saat ini cukup marak dikalangan pembudidaya ikan, khususnya ikan lele yang menggunakan kolam bulat/bundar untuk wadah budidayanya, baik menggunakan bahan terpal, beton, dan lain sebagainya.

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam proses persiapannya, diantaranya :


  1. Pastikan jika kontur (struktur) tanah datar sehingga tekanan air akan berfokus ditengah, bukan kesamping yang khawatirnya membuat dinding (rangka) tidak bertahan lama.
  2. Untuk keperluan irigasi posisi tanah lebih rendah pada bagian tengah kolam (model V) sehingga saat membuang air maka tidak ada air yang tersisa didalam kolam. 
  3. Jika menggunakan rangka besi wiremesh maka pakailah ukuran besi minimalnya 6 mili dan sebaiknya di cat agar tidak mudah karatan dan tampak lebih indah dilihat. Gunakan terpal jenis Orchid 0,5 mili merk jerman yang memiliki daya tahan baik sebagai wadah kolam.
  4. Usahakan saat memasang terpal tidak ada bagian yang terlipat karena berpotensi menumpuknya endapan dan tidak meratanya pergerakan air saat kolam sudah terisi air dan ikan. Terima Kasih sudah berkunjung Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelatihan Budidaya Udang Vannamei Berorientasi Ekspor

Daftar Peserta Pelatihan Budidaya Lele Cheria Farm 22-23 Nov 2014

PELATIHAN BUDIDAYA LELE CHERIA FARM 22-23 NOV 2014